script async='async' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> LOMBA ADIWIYATA (LANGKAH-LANGKAH MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA ) - Serba Serbi Pendidikan

LOMBA ADIWIYATA (LANGKAH-LANGKAH MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA )

LOMBA ADIWIYATA (LANGKAH-LANGKAH MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA )

Lomba adiwiyata merupakan lomba yang merujuk hasil dari kepedulian dan budaya yang diterapkan berbasis lingkungan di sekolah. hal pertama dalam perlombaan adiwiyata yang akan diikuti oleh sekolah adalah membentuk sebuah tim yang solid dan saling bekerja sama dengan baik, selain membentuk tim keterlibatan siswa/ peserta didik sangatlah penting karena hal ini merupakan efek dari sebuah budaya yang terpancar dalam menghidupkan sebuah lingkungan yang mencintai lingkungan. Adapun tim lomba adiwiyata yang bisa dibentuk terdiri dari : Kepala Sekolah, siswa, guru, orang tua siswa, dan warga sekolah (misalnya : petugas kebersihan, petugas tata usaha, pengelola kantin. Tidak lupa pula pelibatan pemerintah daerah seperti lurah, camat dan lain-lain, dan tidak lupa masyarakat di sekitar sekolah. semua bekerja bersama-sama membangun budaya cinta lingkungan dalam mensukseskan lomba adiwiyata.
LOMBA ADIWIYATA SEKOLAH

Bentuk tim sekolah bervariasi tergantung pada kondisi sekolahnya. Tim inti mungkin dapat terdiri atas kepala sekolah, guru yang ditambah orang tua murid dan masyarakat sekitar. Anggota inti ini melakukan pertemuan berkala secara teratur. Anggota tim ini kemudian dapat menugaskan kelompok kerja yang lebih kecil untuk melaksanakan tugas harian. Kelompok kecil ini dapat mengikutsertakan siswa. 
Hal lain yang penting adalah keberlanjutan rencana kerja tim dari satu periode ke periode berikutnya. Misalkan, anggota dari unsur siswa, mempunyai masa keanggotaan selama 1,5 tahun. Sebelum mengakhiri masa pengabdiannya, yang bersangkutan dapat mempersiapkan penggantinya dengan mengikutsertakannya dalam kegiatan agar anggota yang baru tidak harus mulai dari awal lagi. Perencanaan juga penting untuk memastikan bahwa kegiatan Adiwiyata terus berlangsung, meskipun anggota-anggotanya telah berganti. Kegiatan sekolah adiwiyata bukan merupakan kegiatan orang per orang, melainkan merupakan kegiatan kolektif. 
Apapun bentuk tim yang ada di sekolah, yang terpenting adalah harus tetap melibatkan siswa. Selain itu tim sekolah juga harus memenuhi tujuan sebagai berikut; Pastikan bahwa seluruh sekolah mengetahui dan mengenal program Sekolah Adiwiyata dan membangun komunikasi yang kuat untuk memastikan warga sekolah mengetahui perkembangannya. Pastikan bahwa semua komponen warga sekolah (terutama siswa) terwakili dalam proses pengambilan keputusan. Menjaga komunikasi diantara peserta siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah dalam pelaksanaan program. Mendokumentasikan dan menyampaikan keputusan Komite. Komite harus mendokumentasikan keputusan mereka yang akan ditampilkan di papan pengumuman. 
Kajian Lingkungan 
Mengapa harus melaksanakan kajian lingkungan? Sebelum memulai program pengelolaan lingkungan hidup, kajian lingkungan hidup perlu dilakukan. Checklist kajian lingkungan Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dirancang untuk memberikan gambaran kondisi sekolah saat ini. Hasil kajian lingkungan akan menginformasikan Rencana Aksi apa yang akan dilakukan. Selain itu, kajian lingkungan juga akan membantu sekolah untuk menentukan perubahan apa yang diperlukan, mendesak, atau tidak dibutuhkan sama sekali. Ini juga akan membantu menetapkan sasaran yang realistis serta mengukur keberhasilan yang dicapai. 
Menyelesaikan kajian lingkungan akan memastikan bahwa tidak ada hal-hal penting yang terabaikan. Selain itu, akan membantu siswa dan warga sekolah memahami kondisi lingkungan hidup di sekolah. Bagaimana melakukan Kajian ? Tim harus memastikan bahwa seluruh anggota tim bekerja sama sebaik mungkin untuk melaksanakan kajian. Hal yang penting adalah sebanyak mungkin siswa berpartisipasi dalam proses ini. Kajian lingkungan oleh tim sekolah melalui sebuah instrumen checklist mencakup berbagai isu lingkungan sekolah, misalnya; 
1. Sampah 2. Air 3. Energi 4. Makanan dan kantin sekolah. 5. Keanekaragaman Hayati
Untuk lebih lengkapnya silahkan download LANGKAH-LANGKAH MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA PDF DISINI
Demikian lah sajian artikel kami hari ini sampai jumpa kembali di artikel kami lainnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Belum ada Komentar untuk "LOMBA ADIWIYATA (LANGKAH-LANGKAH MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel